APache kena Hack situsnya…wah…

Posted By Muhamad Yudha


Kejadian memalukan dialami oleh Apache Software Foundation. Website organisasi open source itu harus dimatikan kemarin, setelah hacker berhasil menjebol kunci SSH pada salah satu servernya.

Penasihat Keamanan Senior Trend Micro, Rik Ferguson adalah salah satu orang yang pertama mengetahui peristiwa itu, di mana server Apache dimatikan beberapa jam.

“Rincian dari serangan ini masih sedikit pada saat ini, karena ini masih berita baru,” tulisnya pada waktu kejadian.

“Tak rugi mengingat kunci SSH yang berhasil ditembus, menyebabkan ekspoitasi besar pada sistem berbasis Linux, tepat pada waktu sekarang setahun lalu yang bertujuan untuk menginstall rootkit”.

Seperti yang disebutkan Ferguson di blognya, serangan itu signifikan karena menyerang sekitar setengah dari seluruh web server yang menjalankan Apache. Organisasi ini kemarin telah menulis laporan resmi yang menjelaskan tentang serangan itu.

“Sejauh pengetahuan kami, pada saat ini tidak ada end user yang terpengaruh akibat kejadian ini, dan penyerang tidak mampu meningkatkan penguasaannya pada setiap mesin. Sementara kami tidak punya bukti bahwa download telah terpengaruh, pengguna selalu disarankan untuk mengecek signature digital yang sudah disediakan.”

Sampai saat ini masih belum jelas siapa yang melakukan serangan dan untuk tujuan apa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: