GeoIP

Posted by Muhamad Yudha

Geolocation IP merupakan metode menentukan letak geografis visitor website BERDASARKAN IP Address, informasinya dapat berupa negara, kota, latitude, longitude, timezone, dan lain-lain. Jadi pengunjung website tidak perlu memperkenalkan diri, website yang dikunjungi sudah mengenali dari mana ia berasal.

Lalu apa kegunaannya? Banyak, contohnya: MIEAYAM.COM adalah website sebuah rumah makan terkenal dengan menu andalannya: NASI GORENG (lho kok ngga nyambung) yang tersebar di seluruh kota di Indonesia, berdasarkan statistik GeoIP, dihasilkan daftar 10 besar kota pengunjung yang paling banyak mengakses mieayam.com. Tentunya hal ini dapat menjadi pertimbangan manajemen mieayam.com untuk membuka cabang di kota-kota tersebut. Atau, jika mieayam.com dapat mengetahui kota asal pengunjung, maka tampilan homepage web dapat diatur untuk menampilkan cabang-cabang yang berada di kota tersebut. Ini hanya contoh-contoh kecil, pengembangannya bisa sangat variatif.

Contoh implementasi sederhananya dapat dilihat pada http://reviewmusik.com/geoip

Apakah berarti IP Address menyimpan informasi geolocation? Secara langsung tidak, pada prinsipnya IP adalah pengenal sebuah host/komputer dalam jaringan. Alokasi dan registrasi IP berdasarkan regionalnya diatur oleh Regional Internet Registry (ARIN/APNIC, dll), sebuah engine GeoIP melakukan proses mapping IP ke database yang menyimpan informasi tersebut.

Demikian informasi singkat ini, sebenarnya ini cuma sedikit catatan sebagai penutup kegiatan saya ngutak-ngatik GeoIP, thanks buat Mr. Bowo yang sudah banyak membantu. Ok… keep learn and share!

Lebih lanjut:

Majalah PC Media edisi 11/2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: