FAQ TENTANG PHP

Apa sih PHP itu?

Apa sih PHP itu? Ini adalah pertanyaan awal ketika kita pertama kali mendengar kata PHP. PHP bukanlah hal yang baru bagi para pengguna internet, oleh sebab itu tidak mutlak hanya dikenali oleh orang-orang yang memiliki basic Informatika. Siapapun bisa menggunakannya. Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahuinya. Oleh sebab itu, saya ingin memberi sedikit jawaban dari pertanyaan Apa sih PHP itu? PHP (Personal HomePage) adalah salah satu bahasa pemrograman yang terletak dan dieksekusi di server. Salah satu fungsinya adalah untuk menerima, mengolah dan menampilkan data dari dan ke sebuah situs. Data yang diterima akan diolah disebuah program database server (program yang terletak di sisi server, contohnya MySQL) untuk kemudian hasilnya ditampilkan kembali ke layar browser seperti Internet Explorer. Dengan demikian, PHP dapat membuat sebuah situs menjadi dinamis karena dapat dirubah sesuai permintaan. Sedangkan MySQL adalah salah satu jenis program database server, yaitu sebuah program yang berfungsi untuk mengolah, menyimpan dan memanipulasi data di server.

Bagaimana menbuat database MySQL?

Saat ini membuat database MySQL tidak perlu menggunakan cara manual lagi dengan mengetikkan perintah-perintah SQL, karena sekarang sudah banyak tool-tool visual yang membantu kita untuk membuat database dengan mudah dengan cepat, salah satunya adalah tool phpMyAdmin, tool ini merupakan salah satu paket dari PHPTriad, jadi apabila Anda menginstall PHPTriad, maka secara otomatis di komputer Anda sudah terinstall juga phpMyAdminnya. Pertama kali membuat database, saya diperkenalkan dengan FoxPro, yaitu salah satu software yang mendukung pembuatan database. Kekurangannya, kita harus mengetikkan script demi script dalam pembuatan databasenya. Mulai dari pembuatan tabel, edit tabel, penginputan data, hapus data, dan sebagainya semua dikerjakan secara manual. Kendalanya adalah ketika kita tidak menguasai perintah-perintah SQL. Begitupun juga dengan aplikasi MySQL. Satu persatu perintah dikerjakan sendiri.

Nah, sekarang rasanya tidak perlu lagi kita menghabiskan waktu untuk membuat sebuah aplikasi database, karena sekarang sudah banyak tool-tool visual yang membantu kita untuk membuat database dengan mudah dengan cepat, salah satunya adalah tool phpMyAdmin. Tool ini merupakan salah satu paket dari PHPTriad, jadi apabila Anda menginstall PHPTriad, maka secara otomatis di komputer Anda sudah terinstall juga phpMyAdminnya.

Langsung saja, mari kita praktekkan membuat database dan tabel di phpMyAdmin, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka browser ( Misalnya Internet Explorer), lalu ketikkan pada bagian Address: http://localhost/phpmyadmin/, lalu tekan tombol Enter, maka akan tampil halaman selamat datang dari phpMyAdmin. Lihat gambar 1. langkah1

Gambar 1. Halaman selamat datang phpMyAdmin

  • Untuk membuat database, isikan nama database yang akan dibuat pada bagian Create new database, misalnya: db_buylinkpost (tidak boleh ada spasi), lalu klik tombol Create. Lihat lagi gambar 1. 3.langkah2

Gambar 2. Mengisikan field-field dan atribut lainnya

  • Maka akan terbentuk sebuah database dengan nama: db_buylinkpost , Anda bisa melihatnya pada bagian jendela kiri di bawah teks Home. Setelah membuat database, maka langkah selanjutnya adalah membuat tabel di dalam database tersebut dengan cara mengisikan nama tabel dan jumlah field di bagian Create new table on database db_buylinkpost , misalnya Name: admin dan Fields: 7, lalu klik tombol Go.
  • Kemudian isikan field-field beserta atribut lainnya seperti pada gambar 3.langkah3

Gambar 3. Tampilan tabel db_buylinkpost beserta field-fieldnya

Tipe-tipe data yang sering digunakan adalah:

  • INT, untuk menyatakan data berupa angka.
  • VARCHAR, untuk menyatakan data berupa karakter atau string (batasnya sampai 255 karakter).
  • DATE, untuk menyatakan data berupa tanggal.
  • TIME, untuk menyatakan data berupa waktu.
  • TEXT, untuk menyatakan data berupa karakter dalam jumlah yang banyak (lebih dari 255 karakter), misalnya untuk isi berita dan pesan.

Tips:

  • Sebaiknya gunakan huruf kecil semua dalam memberikan nama database, tabel beserta field-fieldnya. Hal ini akan memudahkan kita nantinya dalam pengolahan data di PHP.
  • Sebaiknya sertakan selalu nomor unik atau kunci primer setiap membuat sebuah tabel. Hal ini berguna untuk membedakan antara data yang satu dengan data lainnya.
  • Pada tabel admin yang telah kita buat diatas, kita telah menentukan No sebagai Primary key (kunci primer) dengan tambahan atribut Extra: auto_increment, artinya No akan terisi dengan angka yang selalu bertambah secara otomatis (tanpa diisikan secara manual) seiring dengan bertambahnya data.

5 Tanggapan

  1. tolong ajari saya tentang ilmu komputer yud

    • walah mas…ilmu komputer tuh bnyk bgt alias LUAS……
      saya ini masih pelajar klz 3 SMP di bandung mas…..
      mnding mas beljar sama mas wily sudiarto rhardjo…… ini ID.y ( willy2804 ) itu YM.y

  2. Mas,py file dgn judul 150 rahasia dan trik menguasai PHP kluaran thn 2002-2006😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: