Membangun Wireless Network

Membangun Wireless Network

Bagaimana Anda Membangun Wireless Network Di Rumah Dengan Keamanan Jaringan Yang Bagus?

Membangun Wireless network adalah merupakan salah satu pekerjaan yang sangat pesat pertumbuhan nya sekarang ini. Membuat jaringan komputer anda dengan perangkat wireless adalah sangat simple dan memungkinkan perangkat anda begitu berdaya guna yang tinggi dan praktis. Jika di kantor anda menggunakan wireless network, maka bukanlah hal sulit buat anda untuk membangunnya di rumah anda. Kemana saja anda berjalan disekitar rumah anda, anda sudah bisa dengan segera online dengan laptop anda, bisa connect dengan komputer jaringan anda, bahkan yang paling menguntungkan mungkin anda bisa bertelpon ria dengan telpon Wi-fi anda, dengan account Skype anda ke seluruh dunia.

Yang lebih mengejutkan lagi sekarang ini adalah wireless network sudah banyak dipasang di-mana-2 di café, di kampus, di airport, di hotel, di convention center dan lain-2. Hal ini sangat menguntungkan anda jika anda berpergian untuk bisnis atau studi kemana saja, dan dengan fitur-2 menarik dari wireless router yang anda bangun di rumah, anda bisa melakukan koneksi melalui tunneling virtual private network dengan aman lewat jaringan public – internet.

Apa saja kebutuhan untuk membangun jaringan wireless network dirumah / dikantor?

Sekarang ini bukan hal aneh lagi untuk berbagi broadband internet ke beberapa komputer di rumah atau di kantor. Berlangganan Speedy Telkom atau Cable relative mahal kalau hanya dipakai sendirian, kalau anda bisa berbagi dengan beberapa komputer / laptop anak-2 anda di kamar mereka masing-2 adalah sangat menguntungkan dengan adanya wireless network di rumah sehingga anda bisa berbagi tidak Cuma Internet, anda bisa berbagi file, dokumen, music, bahkan video, printer dengan beberapa komputer di rumah / dikantor. Untuk merealisasikan membangun wireless network di rumah, anda membutuhkan perangkat berikut:

  1. Sebuah modem Cable atau DSL modem tergantung layanan broadband internet yang anda punya dari ISP anda, tentunya yach akses internet / berlangganan dari ISP anda.
  2. Sebuah router yang juga berfungsi sebagai firewall dengan dual-fitur NAT dan SPI. Network Address Translation (NAT) untuk menyembunyikan jaringan private anda dari internet, sementara SPI sebagai filter untuk menyeleksi kalau ada intruder yang masuk ke jaringan private anda. Hal ini untuk melindungi / setidak nya menekan segala jenis ancaman dari internet.
  3. Sebuah wireless access point, yang akan menjebatani atau me route traffic dari wireless LAN ke “wired” LAN dan sebaliknya.
  4. Wireless adapter di komputer untuk melakukan koneksi ke jaringan wireless network melalui wireless access point.

Sekarang ini sudah banyak para produsen jaringan memproduksi perangkat gabungan multi-fungsi yang mencakup semua fungsi di atas, akan tetapi yang banyak di produksi adalah variasi dari wireless router yang mencakup fungsi Router – firewall / Switch / Access point dikemas dalam satu perangkat, sebut saja WRT610N Linksys, D-Link DIR-855, atau Netgear 3700. Sehingga membangun wireless network dirumah anda atau dikantor semudah menancapkan perangkat mereka ke power line dan anda pun sudah bisa membangun wireless network. Tentu saja dengan tingkat keamanan jaringan wireless yang paling rendah karena tanpa mengubah konfigurasi default dari pabrik, dimana default pabrik adalah tanpa fitur keamanan diaktifkan.

Bagaimana melakukan konfigurasi wireless network anda?

Asumsi anda mempunyai modem Cable atau DSL modem baik beli sendiri atau dari ISP anda, biasanya fihak Telkom (jika anda berlangganan Speedy) akan mensetup IP address di modem-router anda.

Sebelumnya kita perlu mengenali terlebih dahulu port-port apa saja sebuah modem itu. Berikut adalah gambar sebuah modem DSL yang umum di pasaran.

Membangun Wireless Network - Modem DSL

Membangun Wireless Network – Modem DSL

Port USB, anda bisa gunakan untuk koneksi langsung terhadap komputer / notebook yang mempunyai port USB. Jika ini adalah murni sebuah modem maka anda perlu melakukan konfigurasi untuk mengenalkan modem ini dan biasanya fihak Telkom akan membantu anda untuk mensetup IP address dari mereka.

Port RJ-45 adalah LAN port yang bisa anda hubungkan ke sebuah Switch atau ke wireless router (port WAN dari wireless router). sementara RJ-11 adalah kabel yang anda hubungkan ke line telpon. Biasanya fihak Telkom memberi anda splitter yang memecah line telpon anda menjadi dua, satu kabel ke modem dan satu kabel lagi ke handset telpon anda. Keduanya bisa berjalan tanpa saling mengganggu karena DSL internet dan voice Telpon menggunakan frequensi yang berbeda.

Dari port-2 ini anda perlu menghubungkan ke wireless router seperti gambar berikut ini. Wireless access point bisa anda ganti dengan wireless router (yang juga berfungsi sebagai access point).

Membangun Wireless Network - Konfigurasi Wireless Network

Membangun Wireless Network – Konfigurasi Wireless Network

Akan tetapi tidak jarang fihak Telkom memberikan anda langsung sebuah modem-router sederhana yang sudah meliputi modem, router / firewall, satu port USB dan satu port LAN. Sehingga anda tidak memerlukan router / firewall lagi. Akan tetapi karena tujuan anda adalah untuk membangun wireless network, maka anda memerlukan sebuah wireless Access Point.

Beberapa manufacturer wireless juga memproduksi perangkat wireless yang multi-fungsi yang meliputi semua fungsi modem / router / switch / access point dikemas dalam satu piranti wireless DSL modem router seperti 3Com® OfficeConnect® ADSL Wireless 108 Mbps 11g Firewall Router, atau DGND3300 RangeMax Dual Band Wireless-N Router + DSL Modem.

Membangun wireless network dengan menggunakan wireless router atau modem-router, anda tidak memerlukan lagi report-2 membuat DHCP server, karena hampir semua wireless router (termasuk modem-router yang dari Telkom) sudah mempunyai fitur DHCP server dimana default dari pabrik adalah aktif. Jadi jika anda tidak mengetahui atau memahami betul masalah DHCP server dan konfigurasinya, ataupun anda tidak mengerti dan faham betul mengenai IP address design, anda tidak perlu report-2 melakukan setup wireless router anda karena dari sononya fitur DHCP ini sudah enabled by default.

Terus Bagaimana Computer Clients Mendapatkan IP Address?

Yang perlu anda lakukan adalah melakukan konfigurasi TCP/IP pada clients computer untuk mendapatkan IP address secara automatis. Pada artikel sebelumnya mengenai jaringan komputer sederhana telah dibahas cara melakukan setup bagaimana mendapatkan IP address secara automatis. Akan tetapi ada sedikit perbedaan cara melakukan koneksi dari adapter wireless di komputer anda tergantung fitur dari wireless router anda, ada wireless router yang menggunakan wizard untuk koneksi ke router dengan menggunakan fitur security yang didukungnya yang biasanya disebut sebagai Wi-Fi Protected Setup (WPS). Jika system keamanan dari router tidak diaktifkan maka biasanya anda hanya memerlukan searching jaringan wireless dari komputer anda dan jika sudah mengenali jaringan wireless yang ada dengan nama SSID yang ada, anda sudah bisa terhubung kepada jaringan tersebut secara automatis dan anda sudah terhubung langsung, biasanya di tempat-2 public seperti hot spot. Akan tetapi jika system keamanan sudah di setup menggunakan wireless security WPA atau WEP , maka anda harus memasukkan account sebagai authenticasi beserta passwordnya. Kedua sisi antara komputer dan wireless router harus sama setting untuk WPA ataupun WEP nya. Selebihnya anda sudah bisa melakukan koneksi dan bisa berbagi internet, file, documents, digital media dan juga printer bahkan anda bisa melakukan game online bersama-sama.

Ada baiknya anda mengikuti petunjuk instalasi wireless sebagai pengetahuan tambahan dan juga cara checklist system keamanan jaringan wireless.

Salam….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: