CDMA EVDO vs GSM HSPDA

Judulnya teknologi banget yah. Ya secara gw masuk SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan, mau gak mau harus banyak tau ttg teknologinya. Tapi gw emg haus banget akan teknologi ini.

Jaman sekarang semua orang udah gak awam lg dengan yang namanya internet, sama halnya dengan menjamurnya telepon seluler di semua kalangan. Dengan internet kita dapat membelah dunia hanya lewat PC atau notebook. Informasi ttg apapun bisa kita dapatkan dari internet bahkan juga bisa untuk menjual produk dan jasa. Begitu variatif dan dinamik karenanya sekarang internet membooming di mana – mana.
Internet dapat di akses dgn berbagai cara link koneksi, yaitu Dial Up Connection spt Telkomnet Instant, Dedicated Internet spt Fastnet, Mobile Internet spt EVDO dan HSDPA.

Apa itu EVDO? Evdo (Evolution Data Only / Evolution Data Optimized) adalah teknologi koneksi data / internet berbasis CDMA. Dengan EVDO Generasi 3.5 (Rev A) sebagai generasi teranyarnya. Konon ini merupakan teknologi terbaru (sblmnya Rev 0 / 1x). Di dunia sampai saat ini baru 2 operator yg menggunakan teknologi ini, yaitu Sprint dan Verizon dari AS. Dan di Asia Tenggara baru Indonesia yg meluncurkan teknologi ini karena rata2 Operator CDMA masih menggunakan Rev 0 / 1x. Dan perusahaan tempat gw bekerjalah yang pertama di Indonesia meluncurkan EVDO Rev A dan tak berlebihan kiranya perusahaan ini mendapatkan penghargaan MURI ketika launching produk ini bln November kmrn. Karena kita Operator pertama yang launch EVDO Rev A secara komersil. Keren kan ….
nah sekarang apa pula yg dimaksud dengan HSDPA? HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) adalah teknologi internet berbasis GSM, dgn Rel 5 versi yang paling update.

Berikut comparison EVDO dan HSDPA:

TECHNOLOGY ASPECT – EVDO Rev A & HSDPA Rel 5
NO
DESCRIPTION
EVDO REV A
HSDPA Rel 5
1
Spectral Frequency
1.25 MHz
5 MHz
2
Data Downlink Throughput
3.100 Kbps
3.600 Kbps
3
Data Uplink Throughput
1.800 Kbps
384 Kbps
4
Round Trip Delay
50 ms
110 ms

Dari data di atas dapat dilihat bahwa, dengan menggunakan frekuensi ¼ resources lebih kecil dari HSDPA, EVDO memiliki kemampuan kecepatan downlink yang berimbang jika dibandingkan dengan HSDPA. Downlink adalah proses transfer data dari internet ke PC user dan Uplink sebaliknya. Speed downlink selalu lebih besar dari pada uplink karena downlink mengirimkan data yang lebih besar quotanya.
Pada teknologi EVDO voice ama datanya terpisah kanal, sehingga tidak mengganggu each other, tp kalo di HSDPA, yg ada sharing voice dan data. akibatnya begitu traffic voice up, secara otomatis traffic data lgsg down.
ttg QoS (Quality of Services, by default pd EVDO sudah otomatsi ada seangkan pada HSDPA ttdk. QoS adalah added services dr operator tsb.

penting gak seh, postingan gw ni. bodo’ ah…

5 Tanggapan

  1. Penitng bgt bagi gw !!!!
    eh maw nanya sekalian !!!

    apa sih kelemahan evdo nya cdma dibandingkan dgn HSDPA Gsm

    • berhubung saya pengguna EVDO dengan provider FREN MOBI di bandung………kalau menurut saya kekurangannya di Coverage Area karna Coverage Area EVDO belum ada di seluruh pelosok Nusantara dan Provider yang mengusung.y baru 2 SMART ( Jump ) M-8 ( FREN MOBI ) dan pengalaman saya menggunakan MOBI memanglah cukup memuaskan speed yang stabil dan Saya Pun senang menggunakan MOBI karena dapat diajak utk bermain game Online……kalau mas ingin beli Wireless Broadband tang cepet saya usulkhan pake EVDO karena Kelebihan.y llebih bnyk di bandingkhan GSM.y HSDPA……

  2. bagus..bagus ..penting ko wat w…

    oy, mo tnya,,klo prbndigan antara HSDPAnya indosat ma telkomsel gmna tuh….wa denger flash’a telkomsel jg lumayan kenceng…..

    at last,,,,ada usulan ga wa harus pilih EVDO smart ato HSDPA (yg 2 operator da=iatas tuh)??

    tengkiu…

    • Kalau usul saya sich mending EVDO mas……
      tarif Maximum speed.y murahh kisaran 300rb/bln
      kalau mau hsdpa harus bayar mahal selain itu Jalurnya bukan khusus data jadi kalau Trafiic voice lagee naik otomatis ke Trafiic data turun……
      utk HSDPA IM2 maupun Flash ke dua vendor itu sama2 Gak stabil,,,,,,apalageee kalau mau di pake utk game online…..
      kekurangan EVDo sich ada di ceoverage area

  3. EVDO aja secara buat data kalo CDMA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: